Senin, 05 November 2012

Part Six


Gue : biasa aja. Orang lain : dibawah gue.

Lo pasti tau orang macam apa yang punya semboyan kayak gitu. Orang super pede, punya latar belakang yang sempurna, kekuasaan yang Cuma bisa dikalahin sama Tuhan, dan orang yang ngerasa dirinya paling baik. Well, gue harus ngelindungin peri kecil gue dari orang kayak gitu. Karena peri kecil gue itu, mau gimanapun, tetep harus bahagia.

Pasti bakal ada suatu saat dimana kita ngerasa bahagia tanpa alasan yang jelas. Dan ketika kita sadar apa alasan itu, semuanya udah terlambat. Dan gue nggak mau itu terjadi sama gue dan dia.

Gue inget banget waktu pertama kali gue ketemu dia. Dia berbeda, susah dilupain.

Waktu itu, gue baru nginep di villa keluarga gue di salah satu bukit di menoreh. Niatnya sih menyepi dan nggak mau diganggu. Emang aneh banget, sih bikin villa disana soalnya tempat itu sepi banget dan hampir nggak ada yang mau bikin villa di puncak bukit kayak gitu. Tapi beneran, deh pemandangannya keren gila. Lumayan bisa buat ngalihin pikiran dan refreshing.

Oke, balik lagi ke saat gue nginep di sana sendirian.
Hari udah sore, hampir magrib. Gue baru baca komik pake petromaks sambil minum kopi kayak di angkringan. Tiba-tiba, ada suara pintu diketuk. Wah, gue curiga banget nih. Biasanya, yang sering banget kesini itu pak bambang, penjaga villa. Tapi biasanya dia kan keluar masuk asal nyelonong gitu aja, gak pake ketok pintu segala. Lagipula, kayaknya pak bambang baru pulang ke rumahnya deh. Dan baliknya baru besok sore.

Gue merinding disko. Bingung, mo buka pintu ato nggak. Kalo dibuka, ntar kalo ternyata itu "sesuatu" yang.... Atau perompak gunung Gimana? Kalo nggak dibuka, ternyata itu emang tamu beneran yang nggak tau waktu gimana..?

Sialan, mana sih pak bambang..?
Terus gue inget, motor gue masih di depan. Kalo gue terpaksa minggat, gue tinggal gelundungin tuh motor dari depan, terus pulang lewat jalan kecil rahasia yang udah di paving di balik semak-semak.

Sambil baca doa-doa yang udah gue lupa liriknya dan bawa senapan burung, gue pelan-pelan buka pintu.

Gue kaget banget, nemuin seonggok sesuatu di pojok teras. Sambil nodongin senapan, gue deketin tuh sesuatu. Udah mau magrib dan penerangan seadanya banget, nggak jelas apa yang ada di pojokan.

Gue suduk-sudukin senapan gue ke apapun itu. Nggak ngefek. Gue sodokinnya semakin keras. Malah jatuh rebah ke samping. Gue amati lagi. ternyata itu tas gunung yang gede banget. Heran. Siapa yang naruh tas kayak begituan sembarangan di teras rumah orang?

"hei"

Gue kaget, terus reflek gue balik badan, nodongin senapan. Udah siap narik pelatuk.
"ehehhe.. Dingapunten nggih pak. Kula mboten ee.. Berniat ngagetaken panjenengan"
Ternyata yang bikin gue bikin persepsi gila itu orang ini. Cewek mungil, yang kalo dilihat dari posturnya amat sangat tidak berbahaya. Tapi, wait. Dia ngomongin apa sih..?
"ee.. Pak..? Dingapunten, niku tembakanipun.. Ee...." dia ngomong apaan gue gatau sambil bikin gerakan-gerakan. Gue baru nyadar, senapan gue  masih teracung. Gue turunin senapan gue. Tapi gue masih nggak mudeng apa yang manusia--gue yakin banget dia manusia--satu itu omongin. Dan gue masih speechless banget.

"maaf, bapak bisa ngomong pake bahasa Indonesia nggak..?"
Nah, sekarang gue baru ngeh. Tapi, siapa yang ngajarin anak kecil ini manggil gue bapak..? Emang gue bapaknya..? Sebegitukah tuanya gue..? Padahal gue baru seumuran anak SMA.
"oh. Oke. Gue bisa ngomong pake bahasa indonesia. Tapi plis, jangan panggil gue bapak. Oke..?" kata gue
"okee.. Sip sip sip." kata--gue bingung nyebutnya siapa.
"jadi, kamu siapa..?" tanya gue kepada orang asing itu
"jadi, aku tuh dari tadi pagi hiking di sini sama temen-temen. Tapi, terus tadi siang aku nggak tau gimana ceritanya, aku tersesat. Kepisah dari temen-temen. Emang,sih akunya yang salah, nggak perhatiin keadaan. Terus, aku bingung banget. Aku nunggu di tempat itu lebih dari 2 jam. Tapi nggak ada yang balik. Udah teriak, tapi nggak ada yang denger kayaknya. Terus, aku ngelanjutin jalan sendiri, sambil ngira-ira. Dari jauh aku lihat cahaya-cahaya. Terus aku datengin. Eh, ternyata aku nemuin tempat ini. Rencanaku, sih. Aku mau nglanjutin jalan nanti setelah shalat dulu.." kata dia panjang lebar.
"eh, kok aku malah curhat, sih..? Hehe."
"gapapa, lagi. Elo pasti capek, kan seharian jalan terus..? Gimana kalo elo nginep disini dulu aja, ntar kalo udah pagii biar gue anterin sampe basecamp di bawah." gue sekarang ngrasa sebagai pemilik rumah yang baik hati, menawarkan bantuan kepada seorang cewek yang tersesat. Baik hati banget gue..

"oh, nggak. Nggak usah. Habis ini aku mo jalan aja lagi. Makasih banget buat tawarannya, tapi.. Nggak deh. Makasih.." jawaban yang bikin gue heran setengah mati. Dan satu,lagi. Kenapa dia pake aku-kamu, sementara gue pake gue-elo
"yakin..?" tanya gue
"iya. yakin. Oke. i'm fine. Sekarang gue mau shalat dulu disini. Boleh kan..?" dia ikutan pake elo-gue
"okee. Enjoy yourself."
Gue masuk, pintu depan tetep gue buka kalo-kalo dia butuh sesuatu. Di dalem, gue bikin capuccino. Buat dia. Sambil bikin, gue mikir. Pertama, dia cewek. Apa yang bikin dia lebih milih jalan-jalan keluyuran  di luar, di hutan perbukitan yang jelas-jelas bahaya banget buat dia daripada masuk ke rumah seorang asing yang udah berbaik hati nawarin tempat singgah? Dan kenapa dia nggak nangis?biasanya cewek kan kalo sendiri, bingung, frustasi, yang bisa dilakuin Cuma mewek-mewek. Kenapa dia malah bisa tegar begitu..? Mana tadi cengengesan nggak jelas. Dia berbeda banget. Gatau kenapa sejak saat itu gue jadi punya perasaan wajib melindungi dia.

Gue ke depan, sambil bawa capuccino panas. Ternyata dia udah selesai shalat dan siap-siap mau jalan lagi. Entah kenapa, gue nggak pengen dia pergi. Gue sodorin capuccino ke dia pake tangan kanan,sambil tangan kiri gue bawa kopi pahit kental.
"buat kamu, biar anget." kata gue sambil senyum
"nggak usah, makasih.."
"kenapa dari tadi nolak terus..? Takut diapa-apain sama orang asing malem-malem gini..? Takut capuccino ini gue kasih racun ato obat tidur..? Hahaha.. Kamu lucu banget,deh. Nih lihat ya.." gue menyesap capuccino yang gue bikin buat dia " nggak beracun,kan..? Nggak ada obat tidurnya kan..? Gue tuh nggak ada maksud apa-apa. Cuman pengen nolongin cewek yang tersesat di hutan malem-malem. Oke..?" kata gue

Dia berhenti packing. Noleh.
"makasih udah bilang aku lucu meskipun aku lebih seneng dibilang manis dan imut, hehehe dan makasih udah nawarin tempat buat nginep, dan juga capuccinonya. Emang, sih gue takut kalo diapa-apain. Itu alesan gue nggak mau nginep disini. Tapi bukan itu alesan gue nolak capuccinonya.." kata dia sambil senyum. Sialan, kenapa cahaya bulan campur lampu remang-remang bikin senyumnya menghipnotis gue..?
"terus..? Lo takut diet lo gagal karena minim capuccino..?" itu alesan standar cewek centil
"hahaha.. Nggak,lah. Nggak diet aja aku udah kayak teri gini, gimana kalo diet..? Tinggal kentut ma dosa ntar.. Hehehe Well, aku nggak mau minum capuccino karena aku nggak suka aja. Aku lebih suka kopi item pahit kental panas. Lebih.. Gimana,ya..? Lebih kopi beneran.. Kalo kopi kayak gitu sih aku nggak bisa nolak.. Hehe."
Kenapa kemungkinan kayak gitu nggak pernah terlintas di pikiran gue..? Hmm.. Kopi pahit panas, ya..? Yang ada di pikiran gue Cuma kata WOW. Kita sama.

"kebetulan banget, selera kita sama. Yaudah, gue tawarin ulang. Cewek asing yang tersesat, gimana kalo elo nginep di villa gue aja malem ini daripada diterkam binatang buas di luar sono. Dan elo juga dapet kopi pahit panas. Yang kental dan hitam. Terus besok pagi gue anterin elo nyampe basecamp di bawah. Hehehe.. Gimana..?" gue ngerasa kayak udah kenal cewek ini sejak seribu tahun sebelum masehi
"wahai cowok baik hati yang nawarin macem-macem, kali ini gue nyerah. Gak bisa nolak. Hehehee.." dada gue mengembang disebut " cowok baik hati"
"kalo gitu, ayo masuk gih. Banyak kamar kosong yang bisa lo pake. Tinggal pilih aja. Yuk. Sini, gue bawain tas elo." kata gue sambil bawain tasnya yang gila, berat banget. Gue aja sampe heran, tasnya lebih gede daripada orangnya.
"makasih.." katanya tulus
"sama-sama. Lo mau pake kamar yang mana..?" tawar gue
"yang itu aja, boleh nggak..?" kata dia sambil menunjuk kamar yang paling deket pintu keluar. Gue tersenyum.
"boleh aja. Tapi elo yakin mau tidur sekamar sama gue..? Nggak takut diapa-apain..? Hahaha"
Dia kelihatan malu dan salting "haahh..? Nggak. Nggak jadi yang itu. Yang mana aja teserah, deh.. Asal jangan yang itu"
"hahhahahaha.. Jadi yang itu juga nggak papa kokk,.." kata gue jahil
"nggak, beneran. Suer." kata dia berusaha meyakinkan
"kalo gitu, lo pake yang ini aja, ya." kata gue sambil naruh tas gedenya di kamar yang seberangan sama kamar gue.
"oke. Thankyou again.."
" you're welcome.."

Gue ke dapur. Bikin kopi buat kita berdua.
Hei, kenapa gue jadi suka banget kata-kata barusan..?
"kita berdua".
Sounds great.

Malem itu, gue nemenin dia ngobrol banyak. Gue seneng banget dapet temen buat ngabsin waktu di villa terpencil ini.
Kita ngobrolin banyak hal. Ternyata banyak kesamaan diantara "kita berdua". Selain kopi.

Dia suka banget harley davidson XR1200X gue yang didepan rumah. Gue juga.
Dia suka komik sinchan. Gue juga. Dan "kita berdua" sama sama maniak komik.
Dia suka ngegambar nggak jelas. Gue juga.
Dia suka es krim vanilla sama buah-buahan. Gue juga.
Banyak banget kesamaan di antara "kita berdua". Gue ngerasa nyaman sama dia.
Gue juga baru tahu kalo dia juga SMA. Kelas satu. Gue kelas dua. Seharusnya..
Gue ngerasa nyaman. Kata yang jarang ada di kamus gue. Dan gue nggak pengen kata "nyaman" itu hilang.

Kita ngobrol sampai hampir pagi. Sampai dia ketiduran di sofa, di sebelah gue. Lama banget gue amati dia. Manis, mungil, kelihatan rapuh, keindahan yang alami tapi berbeda. Dia kelihatan innocent banget kalo pas tidur. Bikin gue gemes dan takut ngebangunin. Nggak tahu dia baru mimpi apa. Tiba-tiba dia rebahin kepalanya di pundak gue. Dan saat mimpi itu, dia bilang "makasih" dengan lirih. Gue bilang "sama-sama". Terus gue pindahin dia ke tempat tidurnya. Bukan bermaksud mengambil keuntungan atau gimana, kan kasian aja kalo dia tidur di sofa. Lo bisa bayangin gimana nggak nyaman dan dinginnya.

Paginya setelah sarapan, gue anterin dia ke base camp di bawah. Dan buat pertama kalinya, harley gue mogok. Jadilah, kita jalan. Gue bawain tasnya yang berat banget. Berusaha bersikap sebagai gentleman. Anehnya, gue nggak ngerasa capek sama sekali. Malah bahagia.

Sepanjang jalan kita ketawa-tawa, ngobrol, bercanda, dan saling ejek. Gue ngerasa jadi manusia seutuhnya. Hati gue yang pernah hilang, kembali. Gue jatuh cinta sama orang asing yang nginep di villa gue. Gila. Dan gue nggak mau bohongin diri gue sendiri tentang betapa dia bisa bikin gue bahagia.

Sampai di basecamp, udah ada banyak orang disana. Tapi nggak ada tim SAR. Semuanya pake slayer yang sama kayak yang cewek di sebelah gue punya. Slayer warna merah darah, dibordir pohon cemara warna emas. Pasti temen-temen pecinta alamnya. Dia berlari menghampiri mereka. Semua menoleh. Gue salting. Suasana heboh. Yang cewek-cewek langsung pada ngerubungin dia, heboh pengen denger gimana ceritanya, nanyain keadaannya, dan melihat gue dengan tampang penasaran.

Yang cowok-cowok juga, sebagian. Seseorang yang mungkin ketua suku mereka, kelihatan seneng banget. Dia sibuk nelpon-nelpon dan bilang "iya, pak. Sudah. Sudah ditemukan. Iya, nggak jadi. Terimakasih.." blablabla.. Mungkin nelpon Tim SAR atau warga sekitar.

Banyak yang bilang gue penyelamat, bilang makasih, jabatin tangan gue, nanya macem-macem. Dengan ekspresi yang beda-beda. Antara heran, penasaran, dan cari perhatian. Terutama yang cewek-cewek. Emang bukan salah gue,kan kalo gue punya wajah yang diatas standar. hahaha

Tapi ada seseorang yang berbeda, kelihatan bahagia cewek itu udah kembali. Tapi dia diem aja, duduk di atas batu sambil merhatiin sepatu pendaki Eigernya yang biasa aja. Dia kelihatan banget bahagia, dari matanya. Jenis bahagia yang berbeda. Gue naruh tasnya "the missing person" di sebelah cowok itu. Lalu duduk.

"makasi udah nolongin dia" kata cowok itu
"santai aja, emang udah kewajiban,kan nolongin orang. Apalagi dia cewek., mana gue tega.." jawab gue santai
"apalagi dia cewek.." dia bergumam
"eh..? Apa.?" tanya gue
"oh,nggak, nggak apa-apa. Sekali lagi makasih banget, ya. Oh, iya. Kalo boleh tau, nama lo siapa..?" kata dia berusaha ramah, tapi gue ngerasa ada sesuatu yang dia tutupin
"gue jack. Elo sendiri..?"
"gian" dan gue nggak sengaja berjanji bakal inget terus sama nama itu.


Setelah ketemu seorang "dia", gue langsung pulang ke rumah ortu gue di Jakarta.
Gue bilang ke mereka kalo gue mau sekolah. Ortu gue kaget banget, mami gue sampe nangis, papi gue langsung meluk gue. Emang, sejak rehab, gue jadi kayak setengah autis. Nggak mau ngapa-ngapain dan tetep susah diatur.
Mereka nanya kenapa gue tiba-tiba mau sekolah lagi, gue senyum "karena aku ketemu sama seseorang"
Nyokap kelihatan penasaran banget, tapi nggak nanya-nanya lagi.

Saat makan siang sekeluarga--sesuatu yang amat sangat jarang sekali buat gue, mungkin yang pertama kalinya dalam hidup gue, bokap sampe cancel semua meetingnya hari itu-- gue bilang "ma, pa, boleh nggak kalo aku milih sendiri sekolahnya..?"

Papi mami gue noleh ke gue, lalu saling tatap-tatapan, heran. Mami angkat bicara "masak nggak boleh, sih sayang.. Memangnya kamu mau sekolah di mana.?"
" di Bandung. Ada sekolah swasta bonafit di sana. International School.. Aku pengen sekolah di situ aja"
" oke, kalo gitu, papa bakal urus semua administrasinya. Kamu siap-siap aja. Papa usahakan senin besok kamu sudah bisa sekolah. Kebetulan temen papa ada yang jadi ketua komitenya." kata papi
"makasih pa, ma.." kata gue

Gue baru tiduran sambil baca komik sinchan, tapi malah semua wajah sinchannya berganti jadi wajahnya dia. Gue ngakak, ngetawin kebodohan gue sendiri. Tiba-tiba, pintu kamar gue diketuk. "jack, mama boleh masuk..?"
"masuk aja ma.." kata gue sambil tetep rebahan.
Mami terus masuk, bawa semangkuk es krim vanilla buat gue, lalu duduk di kursi belajar.
Gue makan es krim vanilla, gue inget dia. Gila. Dia sukanya es krim vanilla yang atasnya dikasih selai bluberi.
"jack, mama boleh tanya sesuatu ..?"
"tanya apaan, ma..?"
"sebenernya, siapa yang bikin kamu mau sekolah lagi..? Mama boleh tau orangnya ..?"
"boleh. Namanya Kiara."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar