Jumat, 02 Desember 2011

Laporan Hasil pengamatan Museum Karst Pracimantoro

Museum Karst adalah merupakan museum yang berisi koleksi informasi dan contoh batuan kapur (Karst), terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri . menurut beberapa sumber, museum ini dinilai merupakan museum karst terbesar dan terunik di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Berikut ulasannya.

Untuk mencapai museum, kita harus jalan kaki dari tempat bis diparkir. Tepat di tengah persimpangan jalan terdapat beberapa petugas penjaga loket karcis dan ijin masuk bagi pengunjung. Lalu kita harus berjalan lagi nenuruni jalan yang di sebelah kanannya sudah terluhat gundukan gundukan bukit-bukit batuan Karst. Di puncak salah satu bukit tersebut terdapat gazebo kecil

Dari depan tampak bangunan yang berbentuk prisma, bangunan tersebut menjulang tinggi dan terlihat megah. Tepat di depan banguna tersebut terdapat prasasti penandatanganan pembukaan dan peresmian bangunan tersebut. Bangunan tesebut diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Halaman museum sangat luas, namun juga gersang karena tidak ada pohon yang menaungi tempat tersebut.

Di salah satu bagian halama, terdapat jajaran pedagang kecil yang menjua aneka macam cemilan dan minuman. Di belakang mereka terlihat pemandangan indak bukit batuan Karst yang enjulang dan berwarna coklat keputihan.

Lalu karena suatu hal, kami tidak dapat masuk melalui pintu depan. Maka kami masuk melalui bagian belakang Museum.  Kami langsung disambut hawa modern yang menjadi tema bagian dalam Museum. Di sebelah pintu masuk terdapat toilet. Lalu ada tangga untuk naik ke bagian museum. Di ruangan yang luas di lantai bawah terdapat replika daerah sekitar museum, ornamen-oramen manusia purba yang konon tinggal di gua-gua di sekitar museum pada jaman dahulu. Juga terdapat ornamen alat-alat purba yang digunakan manusia purba untuk melangsungkan hidupnya.

Di beberapa bagian dinding di Museum tersebut dtampilkan film pendek tentang penjelasan menenai pemanfaatan Karst, lingkungan sekitar museum, dan kehidupan masyarakat di sekitar museum.

Di salah satu pojok terdapat replika stalagtit dan stalagmit yang benar-benar mirip dengan keadaan aslinya. Juga di pjok yang lain terdapat ornamen yang menggambarkan penjelajahan gua. Ada dua patung berbentuk penjelajah gua. Di depannya ada penjelasan singkat mengenai ornamen tersebut.

Dibagian yang lain terdapat patung kuda nil dan anaknya sedang berada di sebuah kubangan lumpur. Replika tersebut menggambarkan kuda nil dengan ekosistem atau habitat aslinya.

Juga terdapat ornamen atau replika batuan Karst dan contoh baatuan karst yang diambil langsung dari daerah sekitar museum karst. Batuan yang ditampilkan memiliki beragam bentuk, ukuran, warna, dan struktur. Di samping batuan tersebut terdapat replika struktur tanah dan batuan yang menampilkan keadaan daerah karst.

Ada juga tangga menuju lantai atas, akan tetapi kami tidak diperbolehkan untuk menaikinya.

Ada pula berbagai kreasi dan kerajinan yang dibuat oleh masyarakat sekitar karst dan wonogiri. Ada patung gajah mini yang terbuat dari kayu, berbagai hewan-hewan lucu yang juga terbuat dari kayu. Ada pula berbagai hiasan, bentuk-bentuk kendaraan yang terbuat dari kayu dan bahan-bahan lainnya.

Di dekat pintu keluar, ada petugas museum yang berjaga dan menyuguhkan erbagai suvenir yang dapat dibeli oleh pengunjung dengan harga yang cukup terjangakau. Antara lain gantungan kunci, VCD tentang museum karst dan sekitarnya, pin dan berbagai suvenir lain yang disediakan dalam berbagai ukuran. 
Juga terdapat brosur-brosur tentang museum karst.

ps: thanks to Krisna Herdian Utami and Luluk Agustin Ratnawati :D

8 komentar:

  1. thanks yahh wat referesinya.. ^^
    nyarinya ssah bgt utk museum di wonogiri nih..

    BalasHapus
  2. makasih bwt refrensi laporan gw neh.....
    .
    .
    .moga guru gw gak tau kalo gw copas..... :)

    BalasHapus
  3. thanks bro.bisa bantu pekerjaan ane

    BalasHapus
  4. Hai aldo mia 6 wkwkw ketahuan ente copas wkwkw ane juga sih haha,moga aja guru nya kagak tahu wkwkw

    BalasHapus
  5. Ya cukup jelas terima kasih☺️

    BalasHapus
  6. Terima kasih ya sudah membantu tugas sayaa dhea

    BalasHapus
  7. Waa cukup jelas ya tq☺️

    BalasHapus